Cara Mulai Usaha dan Punya Bisnis bagi Yang Tidak Punya Modal Besar

Minggu, 10 Juni 2012


Aha… di artikel ini saya mau sharing saja. Ada beberapa yang tanya ke saya bagaimana cara punya usaha, cara mulai usaha tapi gak punya modal. Ini banyak yang tanya, kira-kira seperti ini kalimatnya : “Pak Bagaimana cara punya usaha tapi saya gak punya modal” “Pak, saya ingin punya usaha, tapi gak punya modal.” Ada banyak kalimat terucap seperti ini.. Semoga yang baca ada yang tersinggung ya.. Saya dulu juga sama, gak punya modal (uang maksudnya). Jangan lihat mata saya yang sipit, lantas asosiasinya langsung, wah ini bermodal sehingga bisa bikin usaha. Jangan liat mata sipit, lantas langsung berpikir wah ini pasti punya bakat bisnis, ada keturunannya.. Ya, memang mata saya sipit, haha… Tapi bukan sipit sembarangan, sipit yg ini yang gak punya modal (uang) yang banyak, juga gak punya modal (uang) yang banyak, juga sipit yang gak punya bakat bisnis, juga gak punya bakat jadi pekerja. Ada untungnya sipit, kalo ngomong usaha, pasti orang percaya, haha.. Namun ada ruginya juga sipit, kalo masuk kantor-kantor urus surat, seperti KTP gitu, wahh… ada banyak yang minta-minta. Mau masuk kuliah, pas daftar saja dimintain banyak banget surat-surat, kewarganegaraan, surat lahir, surat nikah ortu, untung gak sampe surat elektronik. Haha.. Oke, sekarang saya blak-blakan, buka-bukaan, bagaimana cara memulai usaha dan punya bisnis walau gak punya modal (uang).
Nah, saya tanya dulu : “Menurut pemirsa, orang membangun usaha itu tujuannya untuk hidup lebih baik (salah satunya punya uang lebih banyak), setuju gak? Sekarang kalo gak punya uang, supaya nantinya sukses punya banyak uang, salah satu jalannya kan lewat membangun dan punya usaha. Ya, betul kan? Tapi gimana mulai usaha kalo gak punya modal? ya betul juga sich. Nah, apa orang yang sukses bisnis sekarang dulunya punya banyak modal uang ketika memulai usaha? Ada yang ya, namun, banyak yang gak. Mereka punya modal niat, modal kemauan. Selanjutnya modal kawan, modal pergaulan, modal network, dan modal kepercayaan alias dipercaya orang. Menurut pemirsa mana yang lebih punya potensi : orang yang punya modal uang banyak tapi gak dipercaya orang ataukah orang yang punya modal pas tapi dipercaya sekali oleh orang2? Menurut saya, yang kedua bisa lebih jalan usahanya. Ya lebih bagus pny modal uang banyak dan dipercaya. Nah, kalo uangnya (modal uang) gak banyak, gimana? Saya pernah dikasih tau oleh orang sukses, satu-satunya cara mengalahkan orang yang punya banyak modal, adalah kita berusaha lebih banyak daripada orang yang punya banyak modal tadi. Nah, jadi buat yang gak punya modal (uang) banyak, atau mungkin gak punya modal (uang) sama sekali, artinya perbanyak modal yang laen, misalnya modal doa, modal kepercayaan, modal pergaulan/pertemanan, modal kerja keras, modal pola pikir, modal sikap, modal komunikasi (modal “hawo” haha.. saya pernah dijulukin teman2 bisnis bermodal “hawo” karena bisnisnya cuma pake komunikasi dan proposal),  dan modal-modal lainnya. Yang penting halal punya loch ya..
Kalo masih fokus pada kurang atau tidak adanya modal sehingga tidak mulai usaha, sampe kapanpun tidak akan mulai. Ini sama saja mensabotase sendiri kesuksesan sendiri. Itu sama saja selalu mencari-cari alasan agar tidak bisa. Kenapa gak bikin usaha? kenapa gak mulai usaha? Gak punya modal, jadi gimana mau mulai usaha. Atau sebaliknya, karena gak punya uang, maka saya berusaha, gak punya modal maka saya berusaha keras, soalnya dah bosan jadi orang miskin. Memang susah jadi orang kaya, tapi jauh lebih susah bila gak kaya-kaya. So, pilih susah yang mana? Nah, ini sharing saya saja, berdasarkan pengalaman pribadi dari seorang sipit, haha..
So, bagaimana pendapat pemirsa? apakah masih menjadikan gak punya uang sebagai alasan untuk tidak memulai dan punya usaha? atau justru karena gak punya uang itulah maka memulai usaha hingga akhirnya punya uang banyak?

H.O.M.E.

tak heran, siapa yg fokus, dia yg akan lebih cepat sampai pada impian.

Welcome

Categories

Archives